Pakai trik belajar ini, dijamin kamu lulus ujian

Kesal dengan nilai ujianmu yang selalu pas-pasan terus? Padahal kayaknya seluruh jerih payah sudah dikerahkan dengan belajar sungguh-sungguh, tapi hasilnya nggak pernah membanggakan? Nah, bisa jadi cara kamu belajar yang kurang cerdas.


Saatnya mengubah hidupmu dan (nilai-nilai akademis) kamu sekarang dengan belajar lebih cerdas. Janji jangan dibaca saja ya, tapi dipraktekkan semua trik berikut ini, dan buktikan hasilnya nanti.


1. Kamu punya banyak waktu buat mengecek Path, Facebook atau Whatssap nanti setelah di luar kelas. Jadi, sudahlah ayo dengarkan dosen dan guru di kelas. Tapi dengan syarat kamu konsen untuk berusaha memahami inti omongan beliau. Artinya, pikiran kamu fokus jangan mikirin makan apa atau nanti kencan sama pacar mau pergi ke mana.


Nah, ada syaratnya lagi bila sudah mendengarkan dosen. Jangan mendengarkan saja tapi mencatatlah. Jaman sekarang banyak yang lebih senang mengambil jalan pintas dengan merekam suara guru atau dosen, atau mengetiknya di laptop dan tablet karena proses mengetik lebih cepat daripada tangan. Tapi sebenarnya yang terjadi adalah ketika menulis, otak menyaring informasi dan membenamkannya di kepala lebih cepat. Tangan kamu akan capek sedikit, tapi kamu kamu akan menghemat waktu belajar buat ujian nanti.


2. Jangan belajar terus, tapi praktikkan ujiannya. Jadi begini, ketika kamu mengulang-ulang membaca bab yang sama hingga sepuluh kali, otak tetap saja tak terlatih untuk mengeluarkan informasi yang terbenam meski sudah dibaca berkali-kali. Padahal, otot otak perlu dilatih untuk mengingat informasi sekaligus mengeluarkannya secara runut. Jadi setelah menghafal, ambilah kertas lalu tulis yang kamu ingat di situ. Cara ini lebih efektif untuk melatih otak agar lebih siap mengeluarkan informasi di hari ujian nanti. Kamu juga bisa menghafalnya sambil disuarakan. Tapi menuliskannya akan lebih efektif utuk melatih otak mengingat.


3. Beri jeda waktu belajar. Tahu nggak, dengan menjejalkan begitu banyak informasi di kepala kamu dalam rentang waktu yang sangat cepat, efeknya adalah membuat kamu melupakannya secara cepat juga. Pernah tidak seusai belajar secara SKS alias sistem kebut semalam, begitu keluar dari ruangan ujian rasanya semua yang dipelajari tidak ada yang nempel di kepala? Nah. Lain ini cobalah untuk memberi jeda waktu belajar. Yang pasti belajar kebut semalam memang tidak akan memberikan hasil yang optimal. Belajarlah dengan mencicil sedikit sedikit. Atau mulailah dua atau tiga hari sebelum ujian. Ingat, agar bisa menghafal butuh waktu lebih lama dan jeda waktu untuk otak bisa mengingat semua informasi yang masuk.


Jangan sepelekan tidur. Kesalahan paling umum dari strategi belajar para siswa ketika belajar malam hari adalah melewatkan tidur dan terus menggenjot belajar hingga subuh. Karena ternyata, agar semua informasi bisa tersimpan dalam waktu jangka panjang, otak perlu waktu untuk istirahat dan memproses semuanya. Dan saat tidur adalah waktu semua ini terjadi.




[caption id="attachment_308" align="alignnone" width="631"]15178189081_847c58ef3f_o Flickr/Borderlineart[/caption]

5. Bila pelajaran yang diuji banyak, belajarlah secara bergantian. Maksudnya adalah, jika di satu pekan kamu ada ujian banyak sekaligus seperti sejarah, biologi, dan matematika, dan kamu punya waktu tiga hari untuk belajar, maka belajarlah dicicil sedikit-sedikit untuk semua atau setidaknya dua pelajaran sehari.


Cara ini akan mempermudah kamu untuk bisa menguasai semuanya lebih cepat, dan lulus ujian dengan nilai yang lebih baik, ketimbang belajar satu pelajaran, lalu beralih ke pelajaran yang lain. Ini juga mengurangi risiko kamu tidak tuntas belajar seluruh materi yang diuji.


6. Uji diri sendiri. Ini dia nih kata-kata yang sering kita dengar tapi jarang dilakukan. “Latihan sendiri supaya cepat ingat.” Balik lagi ke poin nomor dua, otak kita perlu dilatih untuk mengeluarkan informasi. Buatlah soal ujian sendiri lalu jawab.


Dengan menulis jawaban kamu melatih otak untuk menata kembali informasi yang sudah dipelajari. Dengan membuat soal sendiri kamu bisa membayangkan seperti apa pertanyaan yang akan muncul nanti dan kamu akan lebih siap menjawabnya. Nah ketika kamu mengecek kembali jawabannya, kamu jadi tahu mana yang salah jawab, mana yang lupa dijawab serta kamu makin memahami esensi bahan pelajarannya, bukan sekedar menghafal saja. Plus dengan cara ini kamu jadi bisa memilih mana bahan yang perlu dihafal mana yang penting dimengerti saja.


Kamu punya trik belajar cerdas lainnya? Silakan share dan beri tahu Kispen bagaimana caranya.


 
Share on Google Plus

About Kispen

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment