Membasmi ketombe pada rambut yang berhijab

Ketombe adalah masalah umum yang dialami orang yang tinggal di daerah tropis. Tak perlu malu, sebab pasti setidaknya sekali dalam hidupnya orang yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia pasti penah mengalami masalah ini. Tapi bagaimana bila Anda berhijab? Tentu cara penanggulangannya sedikit berbeda. Sudah menghabiskan banyak uang untuk  perawatan di salon, tapi ketombe masih tetap muncul?  Bila ini yang Anda alami, coba cara alami lain yang mungkin lebih cocok di kulit kepala Anda. Ingin tahu seperti apa? Simak tip singkat berikut:


1. Baking Soda

Ya benar, baking soda. Tahukah Anda, bila masalah ketombe biasanya dimulai dari kulit kepala yang lembab, sehingga jamur pun tumbuh. Kadang yang dibutuhkan kulit kepala adalah zat aktif yang bisa mengembalikan kondisi normal kulit kepala saja. Baking soda adalah salah satunya yang bisa dicoba. Caranya mudah sekali. Pertama, bilas rambut usai dikeramas dengan shampo antiketombe, lalu oleskan baking soda di area kulit kepala yang berasalah. Pijat perlahan dengn arah memutar agar peredaran darah lancer. Diamkan sekitar 10 menit, lalu bilas dengan air bersuhu ruangan. Hindari air hangat maupun air panas karena kulit bisa teriritasi sehingga masalah pun makin parah. Keringkan rambut dengan handuk dan diangin-anginkan. Untuk sementara hindari dulu hairdryer serta alat styling rambut yang menggunakan panas lainnya. Lakukan seminggu sekali hingga ketombe hilang. Gunakan hanya hijab dari katun yang berwarna terang dan hindari warna hitam agar kulit kepala tetap bisa bernafas dan tak lekas berkeringat.

2. Cairan Penyegar Nafas

Mungkin terdengar agak menga-ada tapi bila ketombe yang muncul di kepala termasuk ketombe yang seperti serpihan putih dan berkelompok, coba gunakan cairan penyegar nafas. Kok bisa? Ini jawabnya. Di dalam ketombe karena mampu mengilangkan jamur dan bakteri yang ada di kulit kepala. Pertama yang perlu diketahui adalah, bila ada luka di kepala, maka obati dulu luka tersebut. Kulit kepala berketombe cenderung gatal dan sering menggaruknya kadang menimbulkan luka. Campurkan cairan penyegar nafas dengan babyoil masing-masing satu tutup botol ke dalam gelas, dengan rasio 1 banding 1. Atau sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Lalu keramaslah seperti biasa, tapi jangan gunakan conditioner. Lalu bilas seperti biasa. Lanjutkan dengan menuang isi gelas tadi ke kulit kepala yang bermasalah dan diamkan selama 5 menit. Bilas dengan air dan ulangi lagi seali seminggu. Gunakan hanya hijab dari katun selama Anda menjalani perawatan ini.

3. Ganti Shampo Anda 

Ya ini mungkin yang harus dilakukan, meski Anda harus mencoba beberapa produk dan menunggu hasilnya cocok atau tidak terlebih dulu. Tapi memang perlu diingat bahwa ada kemungkinan besar bahwa letak permasalahanya ada di shampo yang Anda gunakan. Kadang ketika sedang bermasalah, kulit kepala membutuhkan shampo khusus yang bisa meredakan peradangan lebih lanjut dengan shampo yang tepat. Pilih shampo yang bisa membersihkan kulit kepala tanpa membuatnya kering, tapi justru melembapkan kulit kepala sehingga kondisinya normal kembali. Misalnya shampo Pantene ProV antidandruff yang mengandung Zinc Pyrithione yang berkhasiat untuk mencegah ketombe untuk muncul kembali. Jangan lupa untuk mengganti hijab Anda setiap hari, dan saat sedang berketombe parah, jangan gunakan hijab lebih dari 8 jam. Carilah waktu untuk melepasnya selama 15 menit sebelum dipakai lagi. Bila beraktivitas di luar ruangan dan berkeringat, segera ganti hijab Anda begitu ada kesempatan. Bawalah hijab cadangan di dalam tas ketika hari itu Anda akan berada di luar ruangan dalam waktu lama.
Share on Google Plus

About Kispen

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment