Cara jitu atasi kerontokan rambut usai melahirkan

[caption id="attachment_332" align="alignnone" width="785"]Flickr.com/OlegTi Flickr.com/OlegTi[/caption]

Tak masalah seberapa cermat Anda merawat rambut, ketika Anda melahirkan kerontokan rambut tetap tak bisa dihindari. Mengapa kerontokan terjadi? Ini adalah proses alami akibat meningkatnya hormon estrogen yang terjadi selama kehamilan. Yang terjadi adalah hormon estrogen memiliki efek memperpanjang fase pertumbuhan rambut. Namun setelah persalinan, hormon upn kembali normal dan fase pertumbuhan kembali seperti semula. Di sinilah terjadinya kerontokan.


Banyak Ibu yang mengalami kerontokan memuncak usai 4 bulan melahirkan. Ketika sang bayi berusia 1 taun, biasanya rambut tumbuh normal kembali. Namun, tak semua wanita merasa ketika rambutnya kembali tumbuh, kelebatannya tak seperti sedia kala. Nah, untuk menghindari ini, ada baiknya melakukan 4 hal ini:

  • Hindari menggosok atau menggaruk kulit kepala. Sebab hal ini justru akan merangsang kelenjar sebum dan memindahkan kotoran serta minyak dari tangan Anda ke rambut yang dapat menimbulkan masalah baru.

  • Kurangi makanan berlemak dan berminyak, perbanyak konsumsi buah dan sayur, serta perbanyak minum air putih. Perbanyak mengonsumsi yang mengandung flafonoid untuk melindungi kantung rambut dan merangsang pertumbuhan rambut. Buah yang mengandung flavonoid antara lain stroberi dan apel.

  • Hindari dulu alat pelurus rambut (catok) sebab panas bisa membuat kutikula rambut rusak, sehingga rentan dari kerontokan.

  • Minimalkan pemakaian ikat rambut dulu. Sebab, alat ini bisa merontokkan rambut saat dipakai.

  • Cuci rambut masih boleh dilakukan setiap hari tapi gunakan shampo yang lembut. Pilih produk berbahan natural yang tidak mengiritasi kulit kepala sekaligus tidak merangsang kelenjar minyak.

  • Gunakan conditioner di ujung-ujung rambut Anda yang kering dan keriting pada saat keramas agar lebih mudah ditata. Pilih yang bisa mengatasi kerontokan hingga 98%. Misalnya Pantene hairfall control yang mengandung keratin damage blockers yang bisa mencegah rambut patah dan rontok.

  • Gunakan sisir bergigi jarang untuk menyisir rambut basah, karena pergesekan rambut karena sisir yang rapat bisa membuat rambut lekas rontok.

  • Bila terpaksa mengeringkan rambut, gunakan suhu dingin pada hairdryer. Karena suhu panas akan membuat folikel rambut rentan terhadap kerontokan.

  • Ubah potongan rambut menjadi lebih pendek. Bila rambut Anda lurus, cara ini akan memberi kesan penuh dan tebal. Bila rambut Anda keriting, cara ini bisa mencegah agar rambut tidak kering dan munculnya ‘frizzy’.

Share on Google Plus

About Kispen

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment