Kebiasaan dari rental PS yang masih membekas

Bisa dibilang, PlayStation adalah konsol game paling populer di Indonesia. Pengaruhnya menyebar dan meluas bukan karena 'perjuangan' pemilik pribadi, tapi justru oleh rental PS. Anak SD, SMP, SMA sampai kuliah (terutama anak cowok) pasti pernah bermain di rental PS.


Game sepak bola adalah salah satu game terpopuler di rental-rental PS. Sifatnya yang sosial karena bisa dimainkan oleh banyak orang menjadikannya game favorit. Menyebut nama Winning Eleven atau ProEvolution Soccer pasti menguak memori tentang jam-jam pulang sekolah kamu nongkrong di rental PS di seberang jalan.


Kamu yang gemar main WE atau PES di rental PS bersama teman-teman pasti mengerti hal-hal di bawah ini.


1. Roberto Carlos jadi striker


Kalau main WE/PES pakai Real Madrid atau Brasil, ada seorang bek kiri yang punya lari sangat cepat dan tendangan kaki kiri dahsyat. Ya, dia adalah Roberto Carlos. Kemampuan RC dianggap terlalu istimewa kalau cuma dijadikan bek kiri, jadi banyak yang pakai dia jadi striker. Kamu juga?




[caption id="attachment_348" align="alignnone" width="630"]Bleacher Report Bleacher Report[/caption]

2. Sundulan Jan Koller nggak ada obatnya


Jan Koller, pemain asal Republik Cek yang saat itu membela Dortmund, punya tinggi 202 cm, salah satu yang tertinggi di game WE/PES. Dengan badan yang kekar, Koller menangan banget di duel udara. Jadi, kalau kamu pegang Dortmund, kirim saja umpan-umpan silang dari kanan dan kiri dan biarkan Koller menyundul si kulit bundar masuk gawang lawan.




[caption id="attachment_349" align="alignnone" width="630"]PicPicx PicPicx[/caption]

4. Umpan one-two haram


Ada aturan tak tertulis bahwa kalau main WE/PES, dilarang pakai umpan satu-dua (L1+X, kalau lupa kombinasi tombolnya). Soalnya, gamenya saat itu masih belum terlalu cerdas untuk membuat pemain yang sedang bertahan untuk mengikuti pergerakan si bola. 


Umpan satu-dua nggak bisa dibendung dan terlalu mudah jadi cara menembus pertahanan lawan dan mencetak gol.


5. Pemain jago kalau panahnya turun (abu-abu) maka jangan dipasang


Di WE/PES ada indikator tentang kondisi si pemain dalam bentuk panah. Yang sedang fit banget panahnya ke atas dan berwarna merah. Sementara pemain yang sedang lesu panahnya abu-abu dan menukik ke bawah. 


Sebaiknya jangan memasang pemain yang sedang abu-abu, meski dia pemain jago seperti Ronaldo, Filippo Inzaghi atau Raul Gonzales sekalipun.


6. Kalau sedang nggak ada lawan, main karir


Selain main game sekali selesai, biasanya kalau bosan dan sedang nggak ada lawan, kamu main mode karir. Kamu diberi pemain-pemain seadanya dan setiap kali menang lawan komputer kamu dapat poin. Game-nya kamu save di memori card milik sendiri yang kamu simpan di bungkus plastik bawaannya.




[caption id="attachment_345" align="alignnone" width="630"]Teropong Bisnis Teropong Bisnis[/caption]

7. Pemain pertama yg dibeli adalah...


Kalau sudah punya poin cukup buat beli pemain bagus, biasanya pemain pertama yang kamu beli adalah Pamangki. Pemain ini aslinya bernama Tijani Babangida, pemain asal Nigeria. Kecepatannya ampuh dan kemampuannya cukup lah buat sendirian mengangkat timmu.


8. Kalau penalti, stik PS diumpetin


Kamu lagi main lawan teman sekolahmu. Lalu di game itu kamu dapat tendangan penalti. Waktu mau mengeksekusi penalti, kamu umpetin stiknya di balik baju biar lawanmu nggak bisa mengintip arah tendangan penaltinya. Ya kan?




[caption id="attachment_346" align="alignnone" width="630"]Now Gamer Now Gamer[/caption]

9. Stik PS yang rusak jadi alasan kekalahan


Karena rental PS yang main banyak banget, stiknya biasanya jadi cepat rusak karena terlalu sering dipencet-pencet. Kalau lagi nggak beruntung, kamu kebagian stik yang udah susah dikendalikan. Mainmu jadi kacau dan kamu kalah, lalu stik rusak itu jadi alasan. Solusinya, biasanya beli stik KW sendiri yang akan dibawa-bawa setiap kali main ke rental.


10. Kalau waktu sewa habis padahal pertandingan belum selesai


Lagi seru-serunya pertandingan, kurang 10 menit (waktu di game), skor masih 2-2, eh tiba-tiba tv rental mati karena jam sewamu habis. Tenang, pemilik rental yang baik bisa dinego kok. Minta saja waktu tambahan buat menyelesaikan game yang sedang berjalan. Akan lebih mudah kalau kamu pemain langganan di rental itu.


Gimana, jadi ingat masa-masa kamu hobi nongkrong di rental PS? Berapa banyak hal di atas yang pernah kamu lakukan? Kalau ada tambahan, tulis di kolom komentar ya.

Share on Google Plus

About Kispen

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment