Apakah produk perawatan kulitmu aman? Waspadai ciri-ciri produk yang berisiko

Terobsesi dengan kulit putih adalah keinginan banyak wanita Asia. Rupanya anggapan bahwa kulit putih itu cantik masih belum bisa bergeser. Apakah Anda salah satunya? Ya sah saja kok. Tapi perlu diingat lho, kulit sehat adalah kulit yang cerah dan bersih dari noda serta flek.  Dan, jangan salah. Kulit cerah yang dimaksud di sini  bukan kulit putih pucat yang diperoleh dari krim pemutih, lho. Kulit cerah yang segar itu diperoleh karena sel-sel kolagen kulit  yang sehat, dan kulit lapisan luar yang bebas dari sel kulit mati. Jangan salah, semua itu perlu perawatan yang tepat. Tak hanya satu atau dua produk saja. Tapi satu rangkaian. Misalnya krim pagi dan malam, pelembab, dan serum, bb cream serta tabir surya  adalah rangkaian produk yang bisa membantu melancarkan proses regenerasi kulit.

Tapi hati-hati banyak produk kecantikan yang menjanjikan kulit putih tapi bisa menyebabkan efek samping karena mengandung zat yang berbahaya. Dalam hal ini hydroquinone bukan satu-satunya. Apa saja ciri-cirinya?

1. Krim agak terasa lengket. Sebagian lagi ada yang mencampurkan merkuri dengan bedak dingin (bedak jerawat), agar tampak lebih encer. Krim pada umumnya tidak menyatu, bila didiamkan ada bagian minyak yang akan terpisah dengan bagian padat.

2. Bau logam merkuri sebenarnya mudah tercium. Tapi sebagian produk menggunakan parfum menyengat guna menghilangkan baunya. Selain itu warnanya mencolok karena menggunakan pewarna tekstil.

3. Coba sedikit oles ke kulit lengan. Apabila terasa panas dan gatal, maka perlu diwaspadai. Selain itu pada pemakaian awal meyebabkan iritasi pada kulit dan kemerahan bila terkena sinar matahari.

4. Menghasilkan warna putih pada kulit tidak lazim, umumnya pucat. Nah, ini juga perlu diwaspadai.

5. Bila Anda telah tercemar merkuri dan pemakaian dihentikan, akan timbul jerawat kecil-kecil disertai rasa gatal. Selain itu bila pemakaian dihentikan akan muncul bintik-bintik hitam di bawah kulit di sebagian area ataupun merata di wajah.

6. Warna putih pada kulit wajah lama-kelamaan akan berubah menjadi abu-abu lalu selanjutnya kehitaman.

Lalu, bagaimana mendapatkan kulit segar dan cerah dengan cara yang aman? Berikut tipnya:

  • Jangan sembarangan menyentuh area wajah. Sebaiknya Anda mencuci tangan sampai bersih dan diyakini tidak ada lagi kuman tersisa sebelum menyentuh bagian kulit wajah yang sangat sensitif.

  • Usahakan juga untuk tidak menggunakan pembersih wajah secara berganti-ganti. Dan ingat membersihkan wajah juga harus secara teratur, 2 kali dalam sehari pada pagi dan siang hari.

  • Usahakan juga untuk senantiasa membuat kulit wajah terasa lembab, jangan kering. Jika sudah terasa kering, maka segeralah basuh atau cuci dengan air. Dan gunakan pelembab. Pilih yang ringan dan tidak lengket tapi bisa memberikan kelembapan maksimal seharian penuh. Jangan lupa memilih yang mengandung Anti UV.  Jika Anda banyak melakukan aktifitas di luar ruangan, maka pakailah selalu pelembab muka untuk melindungi dari sengatan sinar UV yang jika terjadi secara terus-menerus maka akan menyebabkan timbulnya flek hitam.

  • Jangan lupa untuk juga mengkonsumsi air putih sebanyak-banyaknya. Menurut anjuran dokter, Anda harus meminum minimal 8 gelas air putih dalam setiap harinya. Nah, sudahkah Anda melakukan kebiasaan tersebut?

  • Usahakan juga untuk mengkonsumsi vitamin E yang menurut banyak penelitian sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.


Punya pengalaman unik mencerahan kulit? Share yuk di sini.
Share on Google Plus

About Kispen

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment