9 mantan pemain bola yang jadi aktor

Oke, sebut saya basi karena saya baru nonton The Theory of Everything sekarang. Akting Eddie Redmayne dan Felicity Jones layak dapat pujian dan cerita filmnya juga sangat bagus. Namun bukan itu yang akan kita bicarakan di tulisan ini.


Di film itu, saya menemukan sosok pria botak yang menjadi dokter ketika Stephen Hawking kena pneumonia. Ini dia fotonya. Kalian ada yang mengenali?


Leboeuf1


Kalau kalian tahu dia siapa, bagus. Kalau kalian nggak tahu dia siapa, saya kasih tahu. Pria ini adalah Frank Leboeuf, seorang aktor yang adalah mantan pemain nasional timnas Prancis. Dia bukan pemain bola kelas teri. Leboeuf menjuarai Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000 bersama Prancis. Bersama Chelsea, Leboeuf memenangi Piala FA, Piala Liga, Piala Winners dan Piala Super Eropa.


Leboeuf bukan mantan pesepak bola pertama yang kemudian beralih profesi jadi aktor. Sebagai catatan, yang saya hitung sebagai "aktor" adalah apabila si tokoh tidak memerankan diri sendiri dan tampil di film fiksi. Berikut daftarnya.


1. Pele




[caption id="attachment_293" align="alignnone" width="630"]Times of India Times of India[/caption]

Pemain legendaris ini tampil sebagai tawanan perang Nazi di film Victory yang diproduksi tahun 1981. Film itu berkisah tentang para tawanan perang yang akan bermain sepak bola melawan timnas Jerman di Paris. Film itu dibintangi sejumlah aktor tenar seperti Michael Caine dan Sylvester Stallone. Tak cuma Pele, sejumlah pemain bola betulan juga turut berperan meski tidak semenonjol Pele. Di antaranya ada Bobby Moore (Inggris), Osvaldo Ardilles (Argentina) dan Paul van Himst (Belgia).


Selain Victory, Pele juga pernah bermain di film A Minor Miracle (tahun 1983) dan Hotshot (1987).


2. Stan Collymore




[caption id="attachment_292" align="alignnone" width="631"]Mail Sport Mail Sport[/caption]

Mantan pemain Nottingham Forest, Liverpool dan Aston Villa itu pernah menjajal kemampuan aktingnya di film Basic Instinct 2 (sekuel Basic Instinct), walau cuma dapat peran kecil. Entah terkait atau tidak, Basic Instinct 2 dianggap gagal dan Collymore tak pernah lagi tampil di layar lebar.


3. Ian Wright




[caption id="attachment_291" align="alignnone" width="631"]BBC BBC[/caption]

Pemain Inggris ini sangat sukses di Arsenal. Tahun 2011, dia tampil di film Sun of the Black Gun. Wright berperan sebagai gangster asal Inggris di film yang berlatar belakang Rumania dengan naga-naganya. Film itu dianggap gagal, tapi penampilan Wright dinilai sebagai satu-satunya hal positif dari film itu.


4. Paul Breitner


PaulBreitner


Breitner pernah tampil di Piala Dunia 1974 dan 1982 membela Jerman Barat. Di tahun 1974, Jerman tampil sebagai juara dan di tahun 1982 mereka jadi runner-up. Yang tidak banyak orang tahu, Breitner tampil di film Potato Fritz (tahun 1976) yang bertemakan cowboy (western) dan tampil di film Kunyonga - Mord in Afrika tahun 1986.


5. Carlo Ancelotti




[caption id="attachment_295" align="alignnone" width="630"]Livefootb Livefootb[/caption]

Pria yang sama-sama suksesnya sebagai pemain dan pelatih ini pernah tampil dalam film komedi Italia berjudul The World of Don Camillo pada tahun 1983. Ancelotti tampil sebagai pemain bola di sebuah tim yang berjuluk 'Si Setan' yang memiliki banyak trik-trik kotor.


6. Ally McCoist


AllyMcCoist


Bagi Skotlandia, McCoist adalah legenda. Tahun 2000, eks-pemain Glasgow Rangers itu tampil di film A Shot at Glory. Di dalamnya, McCoist berperan sebagai pesepak bola yang ditransfer oleh klub kelas 2 Skotlandia dari Arsenal. Robert Duvall bermain sebagai pelatih klub dan Michael Keaton sebagai sang pemilik klub.


7. Eric Cantona




[caption id="attachment_288" align="alignnone" width="630"]RadioTimes-Cantona Radio Times[/caption]

Pria ini sangat dihormati oleh fans Manchester United dan dijuluki The King. Selesai dengan karir sepak bolanya, Cantona mulai bermain dalam film Elizabeth (1998). Ia telah berperan di lebih dari 24 film yang sebagian besar berbahasa Prancis. Ia pernah berperan sebagai diri sendiri dalam film Looking for Eric (2009) dan film terbarunya berjudul The Salvation yang juga dibintangi oleh Mads Mikkelsen dan Eva Green.


8. Vinnie Jones


VinnieJones


Jones terkenal sebagai kapten Wimbledon FC yang kala itu dijuluki sebagai The Crazy Gang. Tahun 1998, Jones bermain dalam film Lock Stock and Two Smoking Barrells arahan sutradara Guy Ritchie. Film itu sukses besar dan Jones kemudian berperan di film-film tenar lain seperti Snatch (2000) dan berperan sebagai Juggernaut di film X-Men: The Last Stand.


9. Frank Leboeuf


FrankLeboeuf


Seperti sudah diceritakan di atas, Leboeuf terjun ke dunia akting setelah menimba ilmu di Los Angeles selama 2 tahun usai pensiun sebagai pemain bola. Leboeuf banyak bermain di teater dan tampil sebagai tentara pemberontak di film Allies dan jadi dokter di film Theory of Everything, keduanya buatan tahun 2014.

Share on Google Plus

About Kispen

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment